-->

Peralatan komunikasi pada zaman dahulu


Kata siapa zaman dahulu tidak ada peralatan komunikasi? Kalo zaman dahulu tidak ada alat komunikasi mungkin sampai sekarang juga kita gabakal tahu apa aja itu alat komunikasi. Peralatan komunikasi pada masa lampau memang tidak secanggih dan sebagus pada zaman now kan banyak perubahan seiring berjalannya waktu. Nah namun yang akan kita bahas sekarang adalah alat komunikasi yang ada pada zaman nenek moyang kita teman-teman, penasaran kan? Yaudah yuk baca artikel ini sampai selesai ya.

Papyrus


orang zaman dahulu juga sudah mengenal kertas loh hanya saja saat itu kebanyakan orang mengenalnya dengan sebutan papyrus. Papyrus adalah alat komunikasi berupa kertas yang biasanya orang – orang membuat majalah, koran, buku serta surat menyurat. Kertas ini terbuat dari daun tumbuhan yang bernama papyrus makanya banyak orang yang menyebutnya papyrus.
Membuatnya pun cukup mudah, orang – orang zaman dahulu hanya perlu melapisi, membasahi, dan mengeringkan daun papyrus untuk bisa digunakan untuk menulis. Namun, sayangnya keberadaan dan penggunaan kertas papyrus tidak dapat berkembang karena mulai tergeser dengan munculnya kulit binatang yang bisa dijadikan untuk menulis.

Bereguh


Banyak cara yang bisa dilakukan untuk berkomunikasi, bahkan di daerah pelosok sekalipun. Salah satu alat komunikasi zaman dahulu adalah bereguh, alat komunikasi sederhana yang biasa dilakukan di suatu masyrakat. Salah satu contoh yang dahulu menggunakan alat komunikasi ini adalah masyarakat Aceh dan cara penggunaannya dengan hanya meniupnya saja.
Bereguh bisa digunakan dalam jarak jauh, seperti di hutan belantara maupun di daerah pelosok. Bereguh dibuat dari tanduk kerbau, namun pada zaman now orang – orang sudah tidak menggunakannya lagi karena sudah ada alat komunikasi canggih seperti radio ht atau pun handphone.

Kulkul


Alat komunikasi peninggalan nenek moyang kita selanjutnya adalah kulkul. Bentuknya ialah seperti kentongan yang bisa dibuat dari bambu atau kayu yang dikasih berongga. Masyarakat bali sering menggunakannya dengan cara memukul kulkul tersebut sehingga menimbulkan suara yang berfungsi untuk mengumpulkan warga.
Setiap kulkul di suatu daerah mempunyai irama dan fungsinya masing – masing, dan menurut berita penempatan kulkul juga ditempatkan khusus yang diberi nama bale kulkul.
Jadi itulah alat komunikasi yang ada pada zaman dahulu teman, namun sekarang mungkin ada yang sudah punah karena masyarakatnya tidak menjaga dan melestarikan alat tersebut sehingga tergantikan oleh alat komunikasi yang lebih modern dan canggih.


1 Response to "Peralatan komunikasi pada zaman dahulu"

  1. wah mantep gan, ane sekarang jadi tahu peralatan komunikasi yang ada di zaman dahulu. terimakasih artikelnya membantu.

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel