-->

Perangkat jaringan internet


Jaringan internet ialah jaringan yang sangat penting bagi para pemilik komputer maupun laptop, apalah daya komputer jika tidak ada jaringan internetnya? Pasti hambar kan kaya sayur asem tidak pakai bumbu. Kini jangkauan internet semakin luas, hampir setiap desa saya yakin sudah ada jaringan interntenya. Jadi inti dari pembahasan ini adalah admin akan memberitahu tentang perangkat jaringan internet yang biasa kita pakai sehari-hari.
Baca juga artikel lainnya.

Kartu jaringan

Kartu jaringan atau network card adalah sebuah perangkat keras yang berfungsi untuk menghubungkan komputer ke sebuah jaringan. Kartu ini di desain dan dirancang sedemikian rupa untuk bisa mengirim, mengubah dan menerima data ke jaringan. Cara pemakaiannya cukup mudah yaitu dengan menggunakan kabel LAN (local aren network) dengan port RJ (register jack) 45 supaya bisa terhubung ke jaringan. Supaya bisa bekerja secara optimal langkah terakhir yaitu dengan menginstal drivernya.

Router

Router ialah alat yang digunakan untuk menghubungkan jaringan yang sama atu pun berbeda. Fungsi dari alat ini yaitu untuk membagi IP address kepada semua komputer yang terhubung ke router tersebut. Setelah semua komputer terkoneksi ke router tersebut dan otomatis semua komputer itu bisa saling terhubung satu sama lain serta bisa melakukan komunikasi.

Jaringan nirkabel

Jika router ialah hardware yang menggunakan kabel maka kali ini kita akan membahas hardware jaringan internet yang tanpa menggunakan kabel yaitu jaringan nirkabel. Definisi dari jaringan nirkabel ialah suatu media transmisi data jaringan yang tanpa menggunakan kabel. Jaringan ini mengirimkan data antar komputer satu dengan yang lain yaitu menggunakan gelombang elektromagnetik sebagai cara kerjanya. Namun kelemahan dari jaringan tanpa kabel biasanya kecepatan transfer file akan lebih lambat dibanding jaringan yang berkabel.

Modem

Modem ialah sebuah perangkat keras yang berfungsi untuk menghubungkan LAN (local aren networ) dengan internet. Modem berfungsi untuk menghubungkan jaringan lokal dengan jaringan internet. Akan tetapi secara teori Fungsi modem adalah mengubah komunikasi dua arah yang awalnya dari sinyal digital menjadi sinyal analog ataupun sebaliknya. Modem terdapat 2 bagian yaitu modem internal dan modem external. Jika modem internal sobat tidak perlu lagi membelinya karena modem itu sudah ada secara bawaannya pada masing-masing laptop. Berbeda dengan modem external apabila sobat ingin mempunyainya maka harus membeli terlebih dahulu.






0 Response to "Perangkat jaringan internet "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel